LOMBA JLCC (Japanese
Languange and Culture Competition)
Dilaksanakan pada tanggal 19 November 2017, dengan ketentuan :
-
Dilaksanakan secara
perorangan.
- Kategori peserta lomba siswa SMA dan yang sederajat se-Jawa Timur.
-
Kuota peserta sebanyak 60
peserta.
-
Setiap sekolah maksimal
mengikutsertakan 3 orang.
-
Biaya pendaftaran gelombang
I (23 September – 14 Oktober2017) sebesar
Rp 45.000,00/peserta.
-
Biaya pendaftaran gelombang
II (16 Oktober – 5 November 2017) sebesar
Rp. 50.000,00/peserta.
v
JLCC (Japanese Languange and Culture Competition)
1.
Definisi
Lomba
JLCC adalah lomba asah kemampuan dan pengetahuan
bahasa Jepang dan kebudayaan Jepang.
Pengetahuan bahasa Jepang meliputi huruf hiragana, huruf katakana,
tata bahasa, dan kosakata yang diajarkan di
tingkat SMA. Sedangkan kebudayaan Jepang
meliputi pengetahuan tentang budaya, sejarah, tradisi, dan segala sesuatu yang
berhubungan dengan Jepang.
JLCC merupakan pengembangan dari lomba cerdas-cermat yang ada pada Minna
no Matsuri 1 dan 2. Perbedaan JLCC
dengan lomba cerdas cermat adalah dari konsep lomba. Konsep lomba JLCC dikemas menjadi lomba asah kemampuan dan
pengetahuan yang menarik dan menyenangkan. Soal-soal disampaikan dalam berbagai
variasi, seperti pertanyaan maru batsu,
mencari kosakata dalam puzzle,
teka-teki gambar, dan lain-lain. Dengan konsep yang menarik dan menyenangkan
inilah,
diharapkan peserta dapat berlomba dengan senang dan
menikmati setiap babak yang ada.
2.
Syarat
dan Ketentuan Lomba
- Membayar biaya pendaftaran dan melaksanakan registrasi sesuai prosedur.
- 10 menit sebelum lomba dimulai, peserta harap berada di tempat perlombaan untuk persiapan. Jika 3 kali peserta dipanggil oleh MC masih belum hadir, maka otomatis di diskualifikasi.
- Babak Penyisihan berjumlah 55 peserta yang akan disaring menjadi 20 peserta untuk masuk Babak Perempat Final.
- Babak Perempat Final berjumlah 20 peserta yang akan disaring menjadi 8 peserta untuk masuk Babak Semi Final.
- Babak Semi Final berjumlah 8 peserta yang akan disaring menjadi 4 peserta untuk masuk Babak Final.
- Babak Final terdiri dari 4 peserta untuk penentuan juara 1, 2, dan 3, serta satu juara harapan.
3.
Peraturan
Umum
·
Calon
peserta lomba / perwakilan kelompok wajib menghadiri Technical Meeting tepat waktu.
·
Bagi yang
tidak bisa mengikuti Technical Meeting
harap konfirmasi kepada panitia maksimal H-1 Technical Meeting.
·
Untuk
Lomba Roudoku, Seiyuu, Fashion dan Dance Cover untuk pengambilan nomor
peserta diundi pada saat Technical
Meeting.
·
Peserta
dianjurkan untuk makan pagi sebelum berangkat.
·
Setiap peserta lomba harap datang
pada pk. 07.00 untuk melakukan registrasi ulang.
·
Registrasi
ulang boleh diwakilkan oleh sekolah/instansi/individu yang bersangkutan.
·
Setiap peserta lomba wajib untuk
mengikuti pembukaan acara Minna no Matsuri 5 pada pukul 08.00 WIB.
·
Setiap
peserta dilarang membawa senjata tajam (kecuali Lomba Bentou dan Mading 3D), rokok, dan minuman keras.
·
Peserta
yang berasal dari sekolah/instansi wajib mengenakan almamater/seragam sekolah
masing-masing.
·
Tidak ada
toleransi keterlambatan.
·
Setiap peserta lomba harap
membawa kartu identitas.
·
Panitia
tidak menerima penitipan barang (kecuali bahan-bahan untuk membuat Mading 3D).
·
Seluruh
peserta harap menjaga barang bawaan masing-masing. Segala bentuk kehilangan
tidak menjadi tanggung jawab panitia.
·
Harap
seluruh peserta untuk tidak merusak fasilitas lomba dan menjaga kebersihan.
·
Keputusan
dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
4.
Peraturan Lomba
w Peserta
wajib menggunakan name tag yang
diberikan pada saat registrasi ulang.
w Peserta
duduk sesuai dengan nomor yang tertera pada name
tag.
w Nomor
urut peserta akan diundi pada saat registrasi ulang.
w Bagi
peserta yang membawa tas harap menaruhnya ditempat yang telah disediakan oleh
panitia.
w Bagi
peserta yang membawa alat elektronik (harap dimatikan, kecuali jam tangan cukup
di mode silent).
w Peserta
harap menyimpan dan menjaga barang pribadi masing-masing. Segala bentuk
kehilangan bukan menjadi tanggung jawab panitia.
w Lomba
dibagi menjadi empat babak, yaitu Babak Penyisihan, Babak Perempat Final, Babak
Semi Final, dan Babak Final.
w Dari empat peserta akan diambil juara 1, 2, dan
3 yang masing-masing akan mendapatkan fresh money, piala dan sertifikat. Serta
satu juara harapan yang akan mendapatkan
sertifikat dan souvenir.
w Yang
diperkenankan ada dalam ruangan perlombaan adalah juri, MC, panitia, dan
peserta lomba JLCC. Peserta JLCC yang telah gugur diperkenankan menjadi
penonton.
w Penonton
dilarang memberikan petunjuk jawaban dalam bentuk apapun kepada para peserta.
w Penonton
dilarang meninggalkan ruangan perlombaan selama lomba berlangsung.
w Untuk
jawaban yang ditulis, peserta diharuskan menuliskannya dengan huruf yang
besar dan jelas di atas kertas yang
telah disediakan oleh panitia.
w Untuk
pertanyaan Maru Batsu, peserta
diharuskan mengangkat jawabannya setelah peluit dibunyikan, dan bagi yang
terlambat mengangkat jawabannya, maka tidak akan diperkenankan untuk menjawab
pertanyaan tersebut.
w Peserta
tidak diperbolehkan menjawab pertanyaan sebelum pertanyaan selesai dibacakan.
Peserta yang melanggar, maka jawabannya dianggap hangus.
w Baik
peserta maupun penonton harus mematuhi seluruh peraturan yang tertulis.
5.
Kriteria
Lomba
a)
BABAK PENYISIHAN
A. Pertanyaan
Maru Batsu
Setelah soal selesai dibacakan
oleh juri, peserta diberikan waktu 5 detik untuk berpikir. Peserta menjawab soal dengan cara mengangkat
papan “maru” jika benar, atau mengangkat papan “batsu” jika salah setelah ada
bunyi peluit. Peserta dilarang menurunkan papan “maru batsu” sebelum ada aba-aba
dari panitia. Peserta yang terlambat menjawab atau mengganti jawaban, maka
jawabannya dianggap tidak sah atau hangus.
§ Dalam
Babak Penyisihan hanya ada soal maru
batsu. Peserta akan disaring sampai mendapatkan 20 orang yang akan
melanjutkan ke Babak Perempat Final.
§ Soal
Babak Penyisihan maru batsu terdiri
dari goi (kosa kata bahasa
Jepang), ippan (umum), moji (katakana dan hiragana), dan bunpou.
§ Dalam Pertanyaan Maru
Batsu Babak Penyisihan, peserta diberikan kesempatan satu kali menjawab
salah, jika peserta dua kali menjawab salah, maka peserta akan gugur.
§ Jika peserta memberikan jawaban yang salah, maka
akan ada panitia yang datang menghampiri peserta dan memberikan tanda pada name tag peserta tersebut.
§ Peserta yang gugur tidak diperkenankan meninggalkan
ruangan perlombaan dan harus berpindah ke tempat yang telah disediakan.
§ Peserta yang gugur hanya diperkenankan menjadi
penonton.
b) BABAK
PEREMPAT FINAL
A.
Pertanyaan Maru
Batsu
Pertanyaan berjumlah 20 buah soal yang terdiri dari bunpou, moji (katakana), goi, dan
ippan. Setiap jawaban benar akan diberikan 10 poin. Jawaban
salah tidak mendapat poin dan tidak mengurangi poin. Setelah soal selesai
dibacakan oleh juri, peserta diberikan waktu 5 detik untuk berpikir. Peserta menjawab soal dengan cara mengangkat
papan “maru” jika benar, atau mengangkat papan “batsu” jika salah setelah ada
bunyi peluit. Peserta dilarang menurunkan papan “maru batsu” sebelum ada
aba-aba dari panitia. Peserta yang terlambat menjawab atau mengganti jawaban,
maka jawabannya dianggap tidak sah atau hangus.
B.
Pilihan Kotak Gambar
Dalam setiap pertandingan terdapat 20 kotak gambar yang dapat dipilih oleh setiap
peserta. Satu kotak terdiri atas tiga pertanyaan yang terdiri dari kosakata, goi, bunpo, sejarah dan
bunka. Untuk soal katakana peserta harus menuliskan
jawabannya di kertas yang telah disediakan oleh panitia dengan huruf yang besar dan jelas, sedangkan
untuk soal goi dan ippan peserta cukup menjawab dengan
cara menyuarakan jawabannya. Setelah pertanyaan selesai dibacakan oleh juri,
peserta diberi waktu 10 detik untuk berfikir. Peserta baru boleh menjawab
pertanyaan setelah ada tanda peluit dari panitia dan lama waktu untuk menjawab
adalah 10 detik. Panitia akan kembali membunyikan tanda peluit setelah waktu
menjawab peserta sudah selesai. Setiap peserta hanya dapat memilih satu kotak
gambar. Urutan memilih kotak gambar ditentukan dari nomor urut peserta ( kecil
ke besar). Jawaban benar akan diberikan 20 poin; jawaban salah poin tidak
dikurangi; tidak menjawab tidak dihitung poin dan tidak dikurangi. Soal yang
dijawab salah oleh peserta tidak akan dilempar ke peserta lain.
·
Babak
Perempat Final terdiri dari satu kali pertandingan dengan jumlah 20 peserta.
·
Terdapat 1
kali pertandingan maru batsu, dan 1
kali pertandingan kotak gambar.
·
Pada
pertandingan Babak Perempat Final akan diambil delapan peserta dengan nilai
tertinggi untuk masuk ke Babak Semi Final.
·
Bila ada
peserta dengan nilai yang sama, maka akan diadakan soal rebutan. Peserta yang
menjawab dengan benar akan langsung lolos ke babak selanjutnya.
c)
BABAK SEMI FINAL
A.
Soal Maru Batsu
Pertanyaan berjumlah 20 buah yang terdiri dari soal bunpou, moji (katakana), goi, dan
ippan. Setiap jawaban benar akan diberikan 10 poin. Jawaban
salah tidak mendapat poin dan tidak mengurangi poin. Setelah soal selesai
dibacakan oleh juri, peserta diberikan waktu 5 detik untuk berpikir. Peserta menjawab soal dengan cara mengangkat
papan “maru” jika benar, atau mengangkat papan “batsu” jika salah setelah ada
bunyi peluit. Peserta dilarang menurunkan papan “maru batsu” sebelum ada
aba-aba dari panitia. Peserta yang terlambat menjawab atau mengganti jawaban,
maka jawabannya dianggap tidak sah atau hangus.
B. 単語検索パズル (Mencari Kosakata pada Puzle)
Soal berupa soal tulis. Pada lembar
soal terdapat tabel berukuran panjang x lebar; 36 x 24 atau terdapat 846 kotak.
Dalam setiap kotak terdapat satu huruf hiragana
atau katakana. Dari kotak-kotak
tersebut dapat dirangkai kosakata bahasa Jepang baik secara horizontal,
vertikal, maupun diagonal. Peserta mencari kosakata
yang telah ditentukan oleh panitia. Panitia menyediakan daftar kosakata bahasa Indonesia, sehingga peserta harus menerjemahkannya ke dalam bahasa Jepang dan mecarinya di dalam tabel. Cara menjawabnya dengan
memberi garis menggunakan stabilo yang disediakan oleh panitia. Setiap kosakata
yang berhasil ditemukan oleh peserta mendapatkan 10 poin. Peserta diberikan
waktu 8 menit untuk menjawab soal. Peserta diperkenankan mulai menjawab soal setelah ada bunyi peluit.
Peluit akan dibunyikan kembali sebagai tanda waktu mengerjakan sudah habis.
Jumlah kosakata yang terdapat dalam tabel adalah 30 kosakata yang terdiri dari
20 kosakata hiragana dan 10 kosakata katakana.
·
Dalam Babak Semi Final ada 1 kali
pertandingan. 8 peserta bertanding secara bersamaan pada setiap babak. Terdapat
1 kali pertandingan maru batsu, dan 1
kali pertandingan kotak puzzle.
·
Pada babak ini akan diambil 4
peserta dengan nilai tertinggi untuk masuk ke Babak Final.
d)
BABAK FINAL YANG TERDIRI DARI :
A. Soal Maru Batsu
Pertanyaan berjumlah 15 buah yang terdiri dari soal bunpou, goi, dan ippan. Setiap
jawaban benar akan diberikan 10 poin. Jawaban salah tidak mendapat poin dan
skor peserta dikurangi 5 poin. Setelah soal selesai dibacakan oleh juri,
peserta diberikan waktu 5 detik untuk berpikir.
Peserta menjawab soal dengan cara mengangkat papan “maru” jika benar,
atau mengangkat papan“batsu” jika salah setelah ada bunyi peluit. Peserta
dilarang menurunkan papan “maru batsu” sebelum ada aba-aba dari panitia.
Peserta yang terlambat menjawab atau mengganti jawaban, maka jawabannya
dianggap tidak sah atau hangus.
B. Teka-teki
Gambar
Terdapat dalam sebuah kertas yang berisikan 8
buah soal teka teki yang merupakan pokok dari sesi ini. Soal meliputi ippan,
sejarah, bunka, dan goi
(Kosakata) kehidupan sehari-hari, Terdapat soal teka-teki, dan dua macam
kartu, yaitu :
1. Kartu Huruf
Kartu berisi satu huruf hiragana atau katakana yang merupakan huruf awal dari kosakata yang terdapat pada
kartu gambar. Kartu huruf terdapat 40 lembar dengan 20 kartu huruf memiliki huruf yang
sama. Kartu ini dibagi menjadi empat paket yang masing-masing berisi 10 kartu
huruf. Kartu ini diletakkan di meja dengan keadaan tertutup, sehingga peserta
tidak dapat mengetahui isi kartu.
2. Kartu Gambar
Kartu berisi satu gambar. Kartu
ini diletakan di meja dengan keadaan terbuka. Kartu gambar terdapat 20 lembar. Peserta
dipersilahkan membaca teka-teki yang diberikan dalam selembar kertas selama 2
menit, setelah itu peserta mencocokkan kartu huruf dan gambar sesuai dengan
teka-teki yang diberikan. Peserta tidak diperbolehkan membuka kartu yang akan
dipilih sebelum mendapatkan aba-aba dari panitia. Peserta mencocokkan kartu
huruf dengan kartu gambar yang ada di meja secara berebut. Setiap pasang kartu
yang sudah dicocokkan harus diletakkan secara berjajar tidak boleh ditumpuk dan
diletakkan di meja yang sudah ditentukan oleh panitia. Terdapat 20 pasang kartu
yang dapat dicocokkan oleh peserta. Peserta diberikan waktu 1 menit untuk
berebut mencocokkan kartu sebanyak-banyaknya. Pertandingan dimulai saat peluit
dibunyikan dan peluit akan dibunyikan kembali sebagai tanda waktu sudah habis.
Peserta yang berhasil mencocokkan teka-teki gambar dengan kartu dengan benar
mendapat 25 poin setiap pasangan kartu. Peserta yang salah mencocokkan kartu
kosakata maupun huruf yang tidak sesuai dari teka-teki yang diberikan maka skor
peserta akan dikurangi 15 poin. Dan apabila salah satu kartu gambar maupun
kartu kosakata ada yang benar sesuai teka teki yang diberikan mendapat 10
point.
C.
Soal Rebutan
- Terdiri dari 15 soal campuran (bunpou, bunka, goi, ippan). Jawaban benar bernilai 50 poin, apabila salah dikurangi 25 poin. Setelah soal selesai dibacakan oleh juri, peserta diberikan waktu 5 detik untuk berpikir. Peserta diperkenankan memencet bel setelah ada bunyi peluit. Peserta diperbolehkan menjawab setelah nomor urutnya dipanggil oleh panitia. Lama waktu untuk menjawab adalah 10 dinyatakan salah oleh juri, maka peserta lain bisa langsung memencet bel. Kata yang pertama disebut, dianggap sebagai jawaban.
- Dalam Babak Final hanya ada satu kali pertandingan. Dalam satu pertandingan terdapat empat peserta. Terdapat 1 kali pertandingan maru batsu, 1 kali pertandingan rebutan dan 1 kali pertandingan mencocokkan kartu kosakata.
- Bagi para peserta yang memiliki nilai sama, maka akan diberikan 1 pertanyaan tambahan dan harus dijawab secara berebut.
- Dalam sesi pertanyaan berebut, sebelum menjawab, peserta diharuskan memencet bel yang sudah disiapkan oleh panitia, dan tidak diperbolehkan untuk menjawab pertanyaan tersebut sebelum dipersilahkan menjawab oleh juri.
- Dari pertandingan final akan ditentukan juara 1, 2, dan 3, serta satu juara harapan.
6.
Hadiah
- Juara 1 : Fresh money + piala + sertifikat
- Juara 2 : Fresh money + piala + sertifikat
- Juara 3 : Fresh money + piala + sertifikat
- Juara Harapan 1 : Sertifikat + Souvenir