Japanese Language and Cultural Competition


Prosedur Lomba JLCC Minori 5



         LOMBA JLCC (Japanese Languange and Culture Competition)
 Dilaksanakan pada tanggal 19 November 2017, dengan ketentuan :
-        Dilaksanakan secara perorangan.
-       Kategori peserta lomba siswa SMA dan yang sederajat se-Jawa Timur.
-        Kuota peserta sebanyak 60 peserta.
-        Setiap sekolah maksimal mengikutsertakan 3 orang.
-        Biaya pendaftaran gelombang I (23 September – 14 Oktober2017) sebesar
Rp 45.000,00/peserta.
-        Biaya pendaftaran gelombang II (16 Oktober – 5 November 2017) sebesar
Rp. 50.000,00/peserta.

v  JLCC (Japanese Languange and Culture Competition)
1.         Definisi Lomba
JLCC adalah lomba asah kemampuan dan pengetahuan bahasa Jepang dan kebudayaan Jepang. Pengetahuan bahasa Jepang meliputi huruf hiragana, huruf katakana, tata bahasa, dan kosakata yang diajarkan di  tingkat SMA. Sedangkan kebudayaan Jepang meliputi pengetahuan tentang budaya, sejarah, tradisi, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan  Jepang.
JLCC merupakan pengembangan dari lomba cerdas-cermat yang ada pada Minna no Matsuri 1 dan 2.  Perbedaan JLCC dengan lomba cerdas cermat adalah dari konsep lomba. Konsep lomba JLCC dikemas menjadi lomba asah kemampuan dan pengetahuan yang menarik dan menyenangkan. Soal-soal disampaikan dalam berbagai variasi, seperti pertanyaan maru batsu, mencari kosakata dalam puzzle, teka-teki gambar, dan lain-lain. Dengan konsep yang menarik dan menyenangkan inilah, diharapkan peserta dapat berlomba dengan senang dan menikmati setiap babak yang ada.
2.         Syarat dan Ketentuan Lomba
  •      Membayar biaya pendaftaran dan melaksanakan registrasi sesuai prosedur.
  •         10 menit sebelum lomba dimulai, peserta harap berada di tempat perlombaan untuk persiapan. Jika 3 kali peserta dipanggil oleh MC masih belum hadir, maka otomatis di diskualifikasi.
  •     Babak Penyisihan berjumlah 55 peserta yang akan disaring menjadi 20 peserta untuk masuk Babak Perempat Final.
  •     Babak Perempat Final berjumlah 20 peserta yang akan disaring menjadi 8 peserta untuk  masuk Babak Semi Final.
  •      Babak Semi Final berjumlah 8 peserta yang akan disaring menjadi 4 peserta untuk masuk Babak Final.
  •      Babak Final terdiri dari 4 peserta untuk penentuan juara 1, 2, dan 3, serta satu juara harapan.


3.         Peraturan Umum
·       Calon peserta lomba / perwakilan kelompok wajib menghadiri Technical Meeting tepat waktu.
·       Bagi yang tidak bisa mengikuti Technical Meeting harap konfirmasi kepada panitia maksimal H-1 Technical Meeting.
·       Untuk Lomba Roudoku, Seiyuu, Fashion dan Dance Cover untuk pengambilan nomor peserta diundi pada saat Technical Meeting.
·       Peserta dianjurkan untuk makan pagi sebelum berangkat.
·       Setiap peserta lomba harap datang pada pk. 07.00 untuk melakukan registrasi ulang.
·       Registrasi ulang boleh diwakilkan oleh sekolah/instansi/individu yang bersangkutan.
·       Setiap peserta lomba wajib untuk mengikuti pembukaan acara Minna no Matsuri 5 pada pukul 08.00 WIB.
·       Setiap peserta dilarang membawa senjata tajam (kecuali Lomba Bentou dan Mading 3D), rokok, dan minuman keras.
·       Peserta yang berasal dari sekolah/instansi wajib mengenakan almamater/seragam sekolah masing-masing.
·       Tidak ada toleransi keterlambatan.
·       Setiap peserta lomba harap membawa kartu identitas.
·       Panitia tidak menerima penitipan barang (kecuali bahan-bahan untuk membuat Mading 3D).
·       Seluruh peserta harap menjaga barang bawaan masing-masing. Segala bentuk kehilangan tidak menjadi tanggung jawab panitia.
·       Harap seluruh peserta untuk tidak merusak fasilitas lomba dan menjaga kebersihan.
·       Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

4.         Peraturan Lomba
w  Peserta wajib menggunakan name tag yang diberikan pada saat registrasi ulang.
w  Peserta duduk sesuai dengan nomor yang tertera pada name tag.
w  Nomor urut peserta akan diundi pada saat registrasi ulang.
w  Bagi peserta yang membawa tas harap menaruhnya ditempat yang telah disediakan oleh panitia.
w  Bagi peserta yang membawa alat elektronik (harap dimatikan, kecuali jam tangan cukup di mode silent).
w  Peserta harap menyimpan dan menjaga barang pribadi masing-masing. Segala bentuk kehilangan bukan menjadi tanggung jawab panitia.
w  Lomba dibagi menjadi empat babak, yaitu Babak Penyisihan, Babak Perempat Final, Babak Semi Final, dan Babak Final.
w  Dari empat peserta akan diambil juara 1, 2, dan 3 yang masing-masing akan mendapatkan fresh money, piala dan sertifikat. Serta satu juara harapan  yang akan mendapatkan sertifikat dan souvenir.
w  Yang diperkenankan ada dalam ruangan perlombaan adalah juri, MC, panitia, dan peserta lomba JLCC. Peserta JLCC yang telah gugur diperkenankan menjadi penonton.
w  Penonton dilarang memberikan petunjuk jawaban dalam bentuk apapun kepada para peserta.
w  Penonton dilarang meninggalkan ruangan perlombaan selama lomba berlangsung.
w  Untuk jawaban yang ditulis, peserta diharuskan menuliskannya dengan huruf yang besar  dan jelas di atas kertas yang telah disediakan oleh panitia.
w  Untuk pertanyaan Maru Batsu, peserta diharuskan mengangkat jawabannya setelah peluit dibunyikan, dan bagi yang terlambat mengangkat jawabannya, maka tidak akan diperkenankan untuk menjawab pertanyaan tersebut.
w  Peserta tidak diperbolehkan menjawab pertanyaan sebelum pertanyaan selesai dibacakan. Peserta yang melanggar, maka jawabannya dianggap hangus.
w  Baik peserta maupun penonton harus mematuhi seluruh peraturan yang tertulis.

5.         Kriteria Lomba
a)   BABAK PENYISIHAN
A. Pertanyaan Maru Batsu
Setelah soal selesai dibacakan oleh juri, peserta diberikan waktu 5 detik untuk berpikir.  Peserta menjawab soal dengan cara mengangkat papan “maru” jika benar, atau mengangkat papan “batsu” jika salah setelah ada bunyi peluit. Peserta dilarang menurunkan papan “maru batsu” sebelum ada aba-aba dari panitia. Peserta yang terlambat menjawab atau mengganti jawaban, maka jawabannya dianggap tidak sah atau hangus.
§  Dalam Babak Penyisihan hanya ada soal maru batsu. Peserta akan disaring sampai mendapatkan 20 orang yang akan melanjutkan ke Babak Perempat Final.
§  Soal Babak Penyisihan maru batsu terdiri dari goi (kosa kata bahasa Jepang), ippan (umum), moji (katakana dan hiragana), dan bunpou.
§  Dalam Pertanyaan Maru Batsu Babak Penyisihan, peserta diberikan kesempatan satu kali menjawab salah, jika peserta dua kali menjawab salah, maka peserta akan gugur.
§  Jika peserta memberikan jawaban yang salah, maka akan ada panitia yang datang menghampiri peserta dan memberikan tanda pada name tag peserta tersebut.
§  Peserta yang gugur tidak diperkenankan meninggalkan ruangan perlombaan dan harus berpindah ke tempat yang telah disediakan.
§  Peserta yang gugur hanya diperkenankan menjadi penonton.

b)  BABAK PEREMPAT FINAL
A. Pertanyaan Maru Batsu
Pertanyaan berjumlah 20 buah soal yang terdiri dari bunpou, moji (katakana), goi, dan ippan. Setiap jawaban benar akan diberikan 10 poin. Jawaban salah tidak mendapat poin dan tidak mengurangi poin. Setelah soal selesai dibacakan oleh juri, peserta diberikan waktu 5 detik untuk berpikir.  Peserta menjawab soal dengan cara mengangkat papan “maru” jika benar, atau mengangkat papan “batsu” jika salah setelah ada bunyi peluit. Peserta dilarang menurunkan papan “maru batsu” sebelum ada aba-aba dari panitia. Peserta yang terlambat menjawab atau mengganti jawaban, maka jawabannya dianggap tidak sah atau hangus.
B.  Pilihan Kotak Gambar
Dalam setiap pertandingan terdapat 20 kotak  gambar yang dapat dipilih oleh setiap peserta. Satu kotak terdiri atas tiga pertanyaan yang terdiri dari kosakata, goi, bunpo, sejarah dan bunka. Untuk soal katakana peserta harus menuliskan jawabannya di kertas yang telah disediakan oleh panitia  dengan huruf yang besar dan jelas, sedangkan untuk soal goi dan ippan peserta cukup menjawab dengan cara menyuarakan jawabannya. Setelah pertanyaan selesai dibacakan oleh juri, peserta diberi waktu 10 detik untuk berfikir. Peserta baru boleh menjawab pertanyaan setelah ada tanda peluit dari panitia dan lama waktu untuk menjawab adalah 10 detik. Panitia akan kembali membunyikan tanda peluit setelah waktu menjawab peserta sudah selesai. Setiap peserta hanya dapat memilih satu kotak gambar. Urutan memilih kotak gambar ditentukan dari nomor urut peserta ( kecil ke besar). Jawaban benar akan diberikan 20 poin; jawaban salah poin tidak dikurangi; tidak menjawab tidak dihitung poin dan tidak dikurangi. Soal yang dijawab salah oleh peserta tidak akan dilempar ke peserta lain.
·      Babak Perempat Final terdiri dari satu kali pertandingan dengan jumlah 20 peserta.
·      Terdapat 1 kali pertandingan maru batsu, dan 1 kali pertandingan kotak gambar.
·      Pada pertandingan Babak Perempat Final akan diambil delapan peserta dengan nilai tertinggi untuk masuk ke Babak Semi Final.
·      Bila ada peserta dengan nilai yang sama, maka akan diadakan soal rebutan. Peserta yang menjawab dengan benar akan langsung lolos ke babak selanjutnya.

c)    BABAK SEMI FINAL
A.  Soal Maru Batsu
Pertanyaan berjumlah 20 buah yang terdiri dari soal bunpou, moji (katakana), goi, dan ippan. Setiap jawaban benar akan diberikan 10 poin. Jawaban salah tidak mendapat poin dan tidak mengurangi poin. Setelah soal selesai dibacakan oleh juri, peserta diberikan waktu 5 detik untuk berpikir.  Peserta menjawab soal dengan cara mengangkat papan “maru” jika benar, atau mengangkat papan “batsu” jika salah setelah ada bunyi peluit. Peserta dilarang menurunkan papan “maru batsu” sebelum ada aba-aba dari panitia. Peserta yang terlambat menjawab atau mengganti jawaban, maka jawabannya dianggap tidak sah atau hangus.
B.  単語検索パズル (Mencari Kosakata pada Puzle)
Soal berupa soal tulis. Pada lembar soal terdapat tabel berukuran panjang x lebar; 36 x 24 atau terdapat 846 kotak. Dalam setiap kotak terdapat satu huruf hiragana atau katakana. Dari kotak-kotak tersebut dapat dirangkai kosakata bahasa Jepang baik secara horizontal, vertikal, maupun diagonal. Peserta mencari kosakata yang telah ditentukan oleh panitia. Panitia menyediakan daftar kosakata bahasa Indonesia, sehingga peserta harus menerjemahkannya ke dalam bahasa Jepang dan mecarinya di dalam tabel. Cara menjawabnya dengan memberi garis menggunakan stabilo yang disediakan oleh panitia. Setiap kosakata yang berhasil ditemukan oleh peserta mendapatkan 10 poin. Peserta diberikan waktu 8 menit untuk menjawab soal.  Peserta diperkenankan mulai menjawab soal setelah ada bunyi peluit. Peluit akan dibunyikan kembali sebagai tanda waktu mengerjakan sudah habis. Jumlah kosakata yang terdapat dalam tabel adalah 30 kosakata yang terdiri dari 20 kosakata hiragana dan 10 kosakata katakana.
·       Dalam Babak Semi Final ada 1 kali pertandingan. 8 peserta bertanding secara bersamaan pada setiap babak. Terdapat 1 kali pertandingan maru batsu, dan 1 kali pertandingan kotak puzzle.
·       Pada babak ini akan diambil 4 peserta dengan nilai tertinggi untuk masuk ke Babak Final.

d)   BABAK FINAL YANG TERDIRI DARI :
A.  Soal Maru Batsu
Pertanyaan berjumlah 15 buah yang terdiri dari soal bunpou, goi, dan ippan. Setiap jawaban benar akan diberikan 10 poin. Jawaban salah tidak mendapat poin dan skor peserta dikurangi 5 poin. Setelah soal selesai dibacakan oleh juri, peserta diberikan waktu 5 detik untuk berpikir.  Peserta menjawab soal dengan cara mengangkat papan “maru” jika benar, atau mengangkat papan“batsu” jika salah setelah ada bunyi peluit. Peserta dilarang menurunkan papan “maru batsu” sebelum ada aba-aba dari panitia. Peserta yang terlambat menjawab atau mengganti jawaban, maka jawabannya dianggap tidak sah atau hangus.

B.  Teka-teki Gambar
Terdapat dalam sebuah kertas yang berisikan 8 buah soal teka teki yang merupakan pokok dari sesi ini. Soal meliputi ippan, sejarah, bunka, dan goi (Kosakata) kehidupan sehari-hari, Terdapat soal teka-teki, dan dua macam kartu, yaitu :
1.    Kartu Huruf
Kartu berisi satu huruf hiragana atau katakana yang merupakan huruf awal dari kosakata yang terdapat pada kartu gambar. Kartu huruf terdapat 40 lembar dengan 20 kartu huruf memiliki huruf yang sama. Kartu ini dibagi menjadi empat paket yang masing-masing berisi 10 kartu huruf. Kartu ini diletakkan di meja dengan keadaan tertutup, sehingga peserta tidak dapat mengetahui isi kartu.
2.    Kartu Gambar
Kartu berisi satu gambar. Kartu ini diletakan di meja dengan keadaan terbuka. Kartu gambar terdapat 20 lembar. Peserta dipersilahkan membaca teka-teki yang diberikan dalam selembar kertas selama 2 menit, setelah itu peserta mencocokkan kartu huruf dan gambar sesuai dengan teka-teki yang diberikan. Peserta tidak diperbolehkan membuka kartu yang akan dipilih sebelum mendapatkan aba-aba dari panitia. Peserta mencocokkan kartu huruf dengan kartu gambar yang ada di meja secara berebut. Setiap pasang kartu yang sudah dicocokkan harus diletakkan secara berjajar tidak boleh ditumpuk dan diletakkan di meja yang sudah ditentukan oleh panitia. Terdapat 20 pasang kartu yang dapat dicocokkan oleh peserta. Peserta diberikan waktu 1 menit untuk berebut mencocokkan kartu sebanyak-banyaknya. Pertandingan dimulai saat peluit dibunyikan dan peluit akan dibunyikan kembali sebagai tanda waktu sudah habis. Peserta yang berhasil mencocokkan teka-teki gambar dengan kartu dengan benar mendapat 25 poin setiap pasangan kartu. Peserta yang salah mencocokkan kartu kosakata maupun huruf yang tidak sesuai dari teka-teki yang diberikan maka skor peserta akan dikurangi 15 poin. Dan apabila salah satu kartu gambar maupun kartu kosakata ada yang benar sesuai teka teki yang diberikan mendapat 10 point.

C.  Soal Rebutan
  • Terdiri dari 15 soal campuran (bunpou, bunka, goi, ippan).  Jawaban benar bernilai 50 poin, apabila salah dikurangi 25 poin. Setelah soal selesai dibacakan oleh juri, peserta diberikan waktu 5 detik untuk berpikir. Peserta diperkenankan memencet bel setelah ada bunyi peluit. Peserta diperbolehkan menjawab setelah nomor urutnya dipanggil oleh panitia. Lama waktu untuk menjawab adalah 10  dinyatakan salah oleh juri, maka peserta lain bisa langsung memencet bel. Kata yang pertama disebut, dianggap sebagai jawaban.
  • Dalam Babak Final hanya ada satu kali pertandingan. Dalam satu pertandingan terdapat empat peserta. Terdapat 1 kali pertandingan maru batsu, 1 kali pertandingan rebutan dan 1 kali pertandingan mencocokkan kartu kosakata.
  • Bagi para peserta yang memiliki nilai sama, maka akan diberikan 1 pertanyaan tambahan dan harus dijawab secara berebut.
  • Dalam sesi pertanyaan berebut, sebelum menjawab, peserta diharuskan memencet bel yang sudah disiapkan oleh panitia, dan tidak diperbolehkan untuk menjawab pertanyaan tersebut sebelum dipersilahkan menjawab oleh juri.
  • Dari pertandingan final akan ditentukan juara 1, 2, dan 3, serta satu juara harapan.


6.        Hadiah
  •    Juara 1                         : Fresh money + piala + sertifikat
  •    Juara 2                         : Fresh money + piala + sertifikat
  •    Juara 3                         : Fresh money + piala + sertifikat
  •    Juara Harapan 1           : Sertifikat + Souvenir